Penelitian ini bertujuan untuk menerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII.D SMPN 11 Kota Bengkulu. Subyek penelitian adalah peserta didik/i kelas VIII.D SMPN 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 31 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan,  pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan yaitu pada tanggal 14 – 25 Januari 2019. Siklus II dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan yaitu pada tanggal 28 Januari s.d 8 Februari 2019. Rata – rata hasil belajar peserta didik siklus I adalah 73 dan siklus II adalah 79. Dengan ketuntasan klasikal peserta didik pada siklus I adalah 61% dan pada siklus II sebesar 77%.Kata kunci:  hasil belajar, pendekatan saintifik
Copyrights © 2021