Caring merupakan “heart” profesi dari keperawatan, fenomena di Rumah Sakit mengindikasikanadanya kecenderungan perawat tidak caring dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien.Keadaan ini berdampak pada kualitas asuhan keperawatan yang pada akhirnya mempengaruhikepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan khususnya dan pelayanan kesehatan padaumumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengankepuasan pasien di ruang perawatan umum penyakit dalam RSUD Palembang BARI Tahun 2016. Jenispenelitian ini deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, tehnik pengambilan sampel dengankuota sampling berjumlah 78 responden. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 23 April sampai 06 Mei2016. Hasil penelitian menunjukan bahwa 51,3% pasien menyatakan perilaku caring perawat baik,56,4% pasien menyatakan puas dengan perilaku caring perawat dan didapatkan ada hubungan yangbermakna antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap dengan nilai pvalue 0,000. Disarankan bagi RSUD Palembang BARI penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagaibahan masukan dan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan asuhan keperawatan terutama tentangcaring perawat.
Copyrights © 2017