Humanis : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 20, No 1 (2021): Februari-Juli

Penerapan Model Green School dalam Rangka Membentuk Gaya Hidup Berkelanjutan di SMA Negeri 5 Kota Makassar

Syukur, Muhammad (Unknown)
Manda, Darman (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2021

Abstract

Permasalahan program green school yang dilaksanakan disekolah belum disisipkan dalam kurikulum pembelajaran atau materi pelajaran di sekolah sehingga efeknya kepada siswa belum terlalu terasa. Guru-guru kadang merasa prihatin dalam mengatasi permasalahan sampah di sekolah, dalam  menjaga  kebersihan  sekolah  dan  dalam  memilih  jenis  tanaman  yang  perlu ditanam di sekolah yang bisa memberikan banyak  manfaat, sementara guru menjadi ujung tombak pelaksanaan Go green school di Sekolah. Pelatihan ini menggunakan metode ceramah, diskusi, dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil evaluasi tahap pertama menunjukkan rendahnya pemahaman para guru dan siswa mengenai peran dan fungsi yang harus mereka jalankan dalam membantu sekolah untuk pelaksanaan go green school. Rendahnya pemahaman tersebut disebabkan karena adanya pemahaman diantara guru dan siswa bahwa tanggung jawab tata kelolah sampah dan penataan lingkungan sekolah menjadi tanggung jawab kepala sekolah dan pemerintah. Setelah guru dan siswa mendapatkan materi pelatihan dan dilakukan evaluasi nampak bahwa para guru dan siswa sudah bisa memahami peran dan fungsi yang bisa mereka jalan dalam membantu sekolah dalam pelaksanaan go green school. Antuasiasme mereka dalam mengikuti pelatihan membuat mereka memiliki tingkat pemahaman yang tinggi dalam menjalankan fungsi peran mereka dalam menjalankan go green school di SMA 5 Makassar. Abstract. The problem of the green school program implemented in schools has not been included in the learning curriculum or subject matter in schools so that the effect on students has not been felt. Teachers sometimes feel concerned about overcoming the problem of garbage in schools, in maintaining the cleanliness of schools and in choosing the types of plants that need to be planted in schools that can provide many benefits, while teachers are at the forefront of implementing Go green school in schools. This training uses lecture, discussion, and Focus Group Discussion (FGD) methods. The results of the first stage evaluation showed that teachers and students had low understanding of the roles and functions they had to carry out in helping schools to implement go green school. The low understanding is due to an understanding between teachers and students that the responsibility for managing waste and structuring the school environment is the responsibility of the principal and the government. After teachers and students received training materials and evaluated it appeared that teachers and students could understand the roles and functions they could take in assisting schools in implementing go green school. Their enthusiasm in participating in the training made them have a high level of understanding in carrying out their role functions in running go green school at SMA 5 Makassar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Humanis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Humanis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal yang dikelola oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar sejak tahun 2007. Humanis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal yang dikelola oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Menerbitkan artikel ...