JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK
Vol 7, No 105 (2021)

AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT MALALAYANG KOTA MANADO

KUTIKA, NATALIA (Unknown)
POSUMAH, JOHNNY (Unknown)
MAMBO, RULLY (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2021

Abstract

Akuntabilitas pelayanan publik diharapkan dapat meningkatkan kinerja pelayanan yang adadi Kantor Camat Malalayang. Akuntabilitas pelayanan yang diselenggarakan oleh birokrasi, dalam halini ialah kantor Camat Malalayang Kota Manado merupakan kewajibannya untukmempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan misinya dalam memberikanpelayanan. Sehingga secara sederhana dapat dikatakan bahwa menciptakan akuntabilitas berartimenyelaraskan prosedur pelayanan sesuai dengan nilai-nilai atau norma-norma yang ada dimasyarakat demi kepuasan pelanggan. Untuk mengetahui bagaimana akuntabilitas pelayanan publikdi Kantor Camat Malalayang sehingga dilakukan penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptifkualitatif. Temuan penelitian ini berdasarkan dimensi akuntabilitas menunjukan bahwa akuntabilitaspelayanan publik yang ada di Kantor Camat Malalayang masih terdapat beberapa kendala sepertikecepatan pelayanan yang masih kurang dan jadwal pelayanan yang tidak pasti. Terdapat empatvariabel yang mendukung proses akuntabilitas pelayanan publik tersebut yaitu Akuntabilitas Hukumdan Kejujuran, Akuntabilitas Proses, Akuntabilitas Program dan Akuntabilitas Kebijakan.Kata Kunci: Akuntabilitas, Pelayanan Publik

Copyrights © 2021