Jurnal Darma Agung
Vol 29 No 2 (2021): AGUSTUS

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MENAPAKI JALAN TERJAL PENEGAKAN HAM DI INDONESIA DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI SIPAHUTAR TAPUT TAHUN AJARAN 2020/2021

Lukman Pardede (Universitas HKBP Nomensen Medan)
Dewi Lestari Pardede (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2021

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh atau akibat dari suatu yang ditimbulkan pada subjek yaitu siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini dibagi atas dua kelas eksperimen dan kelas kontrol, kedua kelas ini mendapat perlakuan yang berbeda. Kelas eksperimen diberikan Model pembelajaran Time Token dan kelas kontrol diberikan model pembelajaran langsung.Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Time Token pada materi pokok menapaki jalan terjal penegakan HAM di Indonesia di kelas XI semester I SMA NEGERI SIPAHUTAR TAPUT T.A 2020/2021 adalah78,83. Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi pokok menapaki jalan terjal penegakan HAM di Indonesia di kelas XI semester I SMA NEGERI SIPAHUTAR TAPUT T.A 2020/2021 adalah75,50. Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok menapaki jalan terjal penegakan HAM di Indonesia di kelas XI semester I SMA NEGERI SIPAHUTAR TAPUT T.A 2020/2021 hal ini ditunjukkan dengan hasil uji statistic (uji t) > (1,89>1,67).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnaluda

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Social Sciences

Description

Journal Focus of the Darma Agung Journal is multidisciplinary research to the lecturers, students and related institutions, especially in Indonesia which leads to an increasing in Indonesian Human Development Index. The scope includes collection of the results of research, studies or community ...