INTEKNA
Vol 21 No 1 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 1, Mei 2021: 1 - 53

Pengaruh Dimensi Brand Positioning Dan Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah : Studi Empiris Tentang Penerapan Aplikasi Bank Tabungan Pensiunan Nasional Jenius

Hairul Anwar (Unknown)
Pratiwi, Evi Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi brand positioning dan dimensi kualitas layanan yang dimiliki aplikasi JENIUS terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah BTPN. Data primer diambil dari 100 orang responden pengguna aplikasi JENIUS yang dipilih secara acak sederhana menggunakan kuisioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis jalur digunakan untuk menganalisis data dan menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial ada tiga hipotesis berpengaruh signifikan yaitu dimensi brand positioning terhadap kepuasan nasabah, dimensi brand positioning terhadap loyalitas nasabah dan dimensi kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan hubungan parsial antara dimensi kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah berpengaruh tidak signifikan. Secara simultan dimensi brand positioning, dimensi kualitas layanan dan kepuasan nasabah berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah. Adapun hasil uji mediasi, variabel kepuasan nasabah sebagai variabel mediasi memberikan pengaruh signifikan dimensi kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah dan berpengaruh tidak signifikan dimensi brand positioning terhadap loyalitas nasabah.

Copyrights © 2021