Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika
Vol 5, No 2 (2020)

Habits of Mind Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN Di Kendari

Halistin, Halistin (Unknown)
Dedyerianto, Dedyerianto (Unknown)
Avinah, Fani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan habits of mind siswa SMPN di Kendari. (2) mendeskripsikan hasil melajar matematika siswa SMPN di Kendari dan (3) mengkaji pengaruh habits of mind terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN di Kendari yang berjumlah 404 siswa sedangkan sampel sebanyak 44 orang.  Data hasil belajar matematika siswa diperoleh dari soal tes hasil belajar matematika dan data habits of mind siswa diperoleh dari angket habits of mind. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: Habits of Mind siswa SMPN di Kendari berada pada kategori sangat baik. kategori berteguh hati merupakan kategori dengan rata-rata tertinggi sebesar 3,9. Sedangkan kategori berpikir luwes merupakan kategori dengan rata-rata jawaban pernyataan terendah sebesar 3,3. Rata-rata hasil belajar matematika siswa SMPN di Kendari adalah sebesar 53,86 berada dibawah KKM. Habits of mind tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2020