Abstrak: Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pengaruh langsung positif keterampilan sosial terhadap keterampilan literasi digital; (2) Untuk mengetahui pengaruh langsung positif keterampilan sosial terhadap kemampuan literasi matematika; (3) Untuk mengetahui pengaruh langsung positif keterampilan literasi digital terhadap kemampuan literasi matematika dan (4) Untuk mengetahui pengaruh tidak langsung positif keterampilan sosial terhadap kemampuan literasi matematika melalui keterampilan literasi digital. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MAN 1 Konawe Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 49 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah structural equational model (SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa:(1) Terdapat pengaruh langsung positif keterampilan sosial terhadap keterampilan literasi digital; (2) Tidak terdapat pengaruh langsung positif keterampilan sosial terhadap kemampuan literasi matematika; (3) Terdapat pengaruh langsung positif keterampilan literasi digital terhadap kemampuan literasi matematika dan (4) Tidak terdapat pengaruh tidak langsung positif keterampilan sosial terhadap kemampuan literasi matematika melalui keterampilan literasi digital.Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematika, Keterampilan Sosial, Keterampilan Literasi Digital
Copyrights © 2021