Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 3, No 2 (2021): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Meta – Analisis: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Implementasi Pembelajaran Kontekstual

Anggi Putri Novia Erlina (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Suryo Widodo (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Aprilia Dwi Handayani (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Kemampuan siswa dalam berpikir kritis yang meningkat melalui implementasi pembelajaran kontekstual menjadi topik kajian dalam penelitian ini. Pembelajaran kontekstual melatih siswa untuk menemukan esensi/makna konsep matematika yang dipelajari. Dengan demikian, melalui pembelajaran kontekstual, siswa mampu memahami keterkaitan antar konsep serta penerapannya pada kehidupan. Data penelitian ini diperoleh dari jurnal atau artikel yang relevan dengan pembelajaran kontekstual sebanyak sepuluh artikel. Penelitian ini menggunakan metode pembanding kuantitatif. Setelah dilakukan analisis,  hasil yang diperoleh adalah  implementasi pembelajaran kontekstual efektif diterapkan untuk  dalam upaya peningkatan critical ability  siswa mulai dari peningkatan terendah sebesar 6,96% sampai dengan yang paling tinggi sebesar 69,36% dengan rata – rata peningkatan sebesar 40,70%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

VoJ

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika adalah jurnal yang bertujuan untuk mengungkap fakta, masalah, dan pemecahan masalah dalam bidang pendidikan matematika dan ...