Jurnal Visual
Vol 15, No 2 (2020)

Aplikasi teknik sisi sikuensial cergam “kraman” karya Teguh Santosa

Toni Masdiono (Sekolah Tinggi Desain Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2021

Abstract

Komik Indonesia yang lazim disebut Cergam (cerita gambar/cerita bergambar) di masa th ’70-an jarang dibahas sisi-sisi sekuensialnya oleh pengamat komik masa kini. Justru sebaliknya sering dianggap tidak sekuensial karena jumlah panel/frame yang minim, kebanyakan hanya dua panel, atas dan bawah. Padahal cergam mempunyai kaidah-kaidah sekuensial yang berbeda dengan komik masa kini. Hanya saja kaidah-kaidah tersebut memang tidak pernah dibicarakan dan rata-rata seniman cergam atau disebut cergamis memang berkreasi secara spontan. Cergam “Kraman” karya Teguh Santosa dipilih sebagai contoh karena dalam cergam ini mulai nampak cara berceritanya yang makin menarik, cara mengolah gelap-terang dan sekuen-sekuennya yang filmis. Alur baca Cergam Kraman bisa diterapkan untuk pembuatan komik di webtoons yang arah bacanya dari atas ke bawah dan juga bisa untuk instagram. Kata kunci: cergam, komik, seni sekuensial, sekuen

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

visual

Publisher

Subject

Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Visual berperan sebagai media yang menampilkan berbagai pemikiran sivitas akademika dan peneliti tentang hal-hal yang memiliki konteks dan relevansi dengan bidang seni rupa dan desain, sekaligus sebagai wahana pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan kebudayaan pada umumnya, ...