Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan
Vol 7 No 2 (2021): Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan

Pendidikan Pada Masa Tanam Paksa dan Politik Liberal Belanda di Indonesia

Marisa, Maya (Unknown)
Hudaidah, Hudaidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui latar belakang pelaksanaan pendidikan Indonesia pada masa tanam paksa sampai politik liberal di Indonesia dan memahami berbagai macam perkembangan dan pelaksanaan pendidikan Indonesia di pada masa itu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah melalui tahapan heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa munculnya pembelajaran dengan pendidikan modern yang menumbuhkan sikap nasionalisme serta menghasilkan kebutuhan tenaga terampil di Indonesia. Dengan demikian, perkembangan dan pelaksanaan pendidikan Indonesia pada masa tanam paksa dan politik liberal Belanda di Indonesia mendorong munculnya beberapa tokoh kebangkitan nasional yang memiliki pemikiran luas dan mau membela rakyat Indonesia untuk merdeka. Hal ini menjadi titik awal perjuangan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jhm

Publisher

Subject

Description

Jurnal Humanitas (ISSN: 2407-4411, e-ISSN: 2502-406X) terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan analisis kritis. Jurnal Humanitas adalah jurnal di bidang Pendidikan IPS dan Ilmu Sosial yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan IPS ...