Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 11, No 01 (2021): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

MEWUJUDKAN GURU PPKn YANG IDEAL MELALUI PENGEMBANGAN KUALITAS KEPRIBADIAN GURU

Sudirman Sudirman (STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kualitas guru yang ideal dengan pengembangan kepribadian nya.  Guru memiliki tanggung jawab yang besar terhadap keberlangsungan proses pembelajaran di sekolah. Guru ideal yang diperlukan saat ini adalah: yang memahami benar akan profesinya, rajin membaca dan menulis, sensitif terhadap waktu, kreatif dan inovatif, mampu untuk menjadi panutan dan selalu memberikan keteladanan, mengusai ilmunya dengan baik, mampu menjelaskan dengan baik apa yang diajarkannya serta disukai oleh peserta didiknya. Metode yang digunakan adalah study pustaka. Guru yang ideal dapat terwujud jika mempunyai kualitas kepribadian yang baik. Hal ini menuntut seorang guru harus mampu mewujudkan pribadi yang efektif untuk dapat melaksanakan fungsi dan tanggung jawabnya. Disadari atau tidak, disamping perangkat dan segala hal yang berhubungan dengan pengajaran dan keberhasilan tujuan pendidikan, ternyata kepribadian guru merupakan hal yang sangat menentukan keberhasilan pembelajaran. Kepribadian yang baik menjadi persyaratan sorang guru. Kepribadian merupakan landasan utama bagi perwujudan diri sebagai guru yang efektif dalam melaksanakan tugas profesionalnya dan merupakan faktor terpenting bagi keberhasilan belajar anak didik. Kepribadian guru menjadi contoh bagi peserta didiknya dan menjadi faktor yang menentukan baik atau buruknya kepribadian anak. Kata kunci: Guru Ideal, Pengembangan, Kualitas Kepribadian

Copyrights © 2021