Penelitian ini adalah penelitian survei yang bertujuan untuk menemukan strategi yang tepat guna mengembangkan UMKM setelah masa pandemic Covid-19. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT balanced scorecard. Tahap awal dilakukan identifikasi terkait kondisi internal dan eksternal dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT dapat memberikan gambaran mengenai potensi, peluang, hambatan, dan kelemahan yang dihadapi UMKM. Hasil analisis ini diperoleh hasil bahwa rata-rata UMKM di Provinsi Jawa Tengah berada pada kuadran tiga, yaitu potensi yang dimiliki UMKM mampu meningkatkan pendapatan. Namun, disisi lain ancaman yang dihadapi UMKM harus mendapatkan perhatian, supaya mendapatkan solusi yang tepat untuk keberlanjutan usaha. Maka dari itu strategi yang sesuai adalah strategi integrasi horizontal. Kemudian, setelah mendapatkan informasi dari analisis SWOT, akan disusun program kerja dengan menggunakan empat perspektif. Keempat persepsi tersebut adalah perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif pembelajaran, dan perspektif binis internal. Beberapa aspek dalam model kebijakan adalah aspek dana modal, kualitas produk, kualitas sumber daya manusia, pemasaran yang efektif, serta kondisi pasar. Setiap indicator pada model kebijakan akan diimplementasikan pada pelaksanaan program pemerintah sebagai wujud dukungan terhadap perkembangan UMKM.Kata kunci: UMKM; SWOT; Balanced Scorecard
Copyrights © 2021