Informatics for Educators and Professional : Journal of Informatics
Vol 5 No 2 (2021): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2021)

Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap E-Learning Menggunakan Teknik Machine Learning

Isse Liana Septiani (Sistem Informasi
STMIK IKMI CIREBON)

Abdul Rasyid Faiq Hadinata (Sistem Informasi
STMIK IKMI CIREBON)

Agus Bahtiar (Sistem Informasi
STMIK IKMI CIREBON)

Nana Suarna (Teknik Informatika
STMIK IKMI CIREBON)

Nining R (Komputerisasi Akuntansi
STMIK IKMI CIREBON)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

: E-Learning merupakan salah satu media pembelajaan yang didukung oleh teknologi komputer dan jaringan internet yang didalamnya terdapat konten pembelajaran serta dapat diakses kapanpun dan dimanapun tanpa adanya keterbatasan jarak dan waktu. Kepuasan mahasiswa pada pembelajaran machine learning memiliki keterkaitan yang kuat. Semakin berkualitas penerapan pembelajaran di machine learning, maka semakin tinggi pula pencapaian kepuasan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode algoritma naïve bayes classifier dengan menggunakan aplikasi rapidminer. Menggunakan teknik pengumpulan data kuantitatif dalam mengumpulkan data yang akan dijadikan sebagai sampel. Sumber data yang diperoleh dengan cara wawancara kepada pihak Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) STMIK IKMI Cirebon dan menyebarkan link kuesioner kepada responden yaitu mahasiswa kelas reguler sore secara online dengan menggunakan Google Form. Atribut yang digunakan pada data mining sistem pembelajaran mahasiswa kelas reguler sore antara lain: Ketersediaan Indigoes (A1), Penggunaan Indigoes (A2), Pengujian Indigoes (A3), Aktifitas Indigoes (A4), Kemudahan Indigoes (A5). Dari hasil pengolahan akan didapat hasil (Hasil Kepuasan) dan memperoleh klasifikasi tingkat kepuasan mahasiswa terhadap e-learning dimasa pandemic covid-19. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengklasifikasikan tingkat kepuasan mahaiswa dengan penerapan data mining menggunakan algoritma naïve bayes classifier dalam mengetahui klasifikasi kepuasan mahaiswa dalam pembelajaran menggunakan e-learning dimasa pandemic covid-19. Pada penelitian ini diperoleh hasil tingkat akurasi sebesar 100%, recall 100% dan precision 100% dan hasil kepuasan mahasiswa terhadap e-learning dikategorikan “PUAS. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai tolok ukur dalam mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa pada pembelajaran melalui e-learning dimasa pandemic yang sangat berpengaruh terhadap sistem pembelajaran mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ITBI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Other

Description

INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika STMIK BINA INSANI. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Networking, Aplikasi Sains, Animasi Interaktif, Pengolahan Citra, Sistem Pakar, ...