JURNAL MANAJEMEN
Vol 13, No 2 (2021)

Kajian keberhasilan sistem informasi learning management system esq business school

Ramanudin, Eko (Unknown)
Budiarto, Arif (Unknown)
Widianto, Tetra (Unknown)
Riana, Dwiza (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat pembelajaran secara konvensional menjadi terganggu. Untuk menjawab permasalahan tersebut ESQ Business School melaksanakan kegiatan belajar mengajar online melalui Learning Management System (LMS). Untuk mengukur faktor-faktor keberhasilan dari penerapan kegiatan belajar di LMS di ESQ Business School, peneliti menganalisisnya dengan Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone & McLean.  Data dari responden yaitu 182 mahasiswa dikumpulkan melalui survei, yang kemudian dianalisis menggunakan Partial Least Squares (PLS) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 3. Hasil dari penelitian ini yaitu membuktikan kualitas informasi tidak memiliki pengaruh signifikan kepada kepuasan penggunaan, selain itu kualitas pelayanan juga tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan. Akan tetapi variabel lainnya teruji signifikan dalam pengukuran kesuksesan sistem informasi LMS di ESQ Business School. Dengan nilai R-Square 0.668 untuk penggunaan, 0.669 untuk kepuasan pengguna, dan 0.606 untuk manfaat bersih. Selain itu, nilai GoF sebesar 64% membuktikan bahwa model telah sesuai secara substansial dalam merpresentasikan hasil penelitian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JURNALMANAJEMEN

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

JURNAL MANAJEMEN is a scientific journal in the field of management published twice a year (in January & July). ...