Penelitian ini menganalisa strategi meningkatkan daya saing Hotel Rinjani Plaza yang ditentukan peneliti berdasarkan wawancara terhadap pelanggan, peneliti memperoleh 26 atribut/pernyataan. 26 atirbut/pernyataan yang diperoleh, di analisis dengan metode IPA (Importance Performamce Analysis). Metode IPA (Importance Performance Analysis) sebagai rangka kerja sederhana untuk menganalisis atribut – atribut porduk pada tingkat kesesuian membandingkan antara tingkat kepentingan (harapan), dengan tingkat kinerja pelayanan. Hasil pengolahan data dengan metode IPA adalah 6 atribut masuk dalam kuadran I yang berarti harus ditangani / ditingkatkan selanjutnya kuadran II memiliki 13 atribut yang berarti kinerjanya harus di pertahankan. Sedangkan kuadran III memililki 6 atribut yang berarti dapat ditangani jangka panjang. Dan kuadran IV memiliki 2 atribut yang berarti berlebihan kinerjanya dan tidak menjadi prioritas utama.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018