urnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi

Implementasi Image Restoration Theory Dalam Film Hancock

Roffan Rais Rueyanno (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Pundra Rengga Andhita (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi image restoration dalam film Hancock. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang menitikberatkan observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis semiotika model Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi imagerestoration dalam film Hancock menerapkan lima strategi yang sesuai dengan model Benoit, yaitu denial, evasion of responsibility, reducing the offensive, corrective action, dan mortification. Dari lima strategi itu ada dua penerapan strategi yang dinilai kurang efektif yakni evasion of responsibility dan reducing the offensive. Hal itu disebabkan sikap Hancock yang menerapkan strategi itu dengan gaya ofensif. Ini yang membuat publik semakin menjauh dari Hancock. Untuk tiga strategi lainnya, denial, corrective action, dan mortification berhasil diterapkan dengan baik oleh Hancock. Ray Embrey berhasil mendorong Hancock untuk menyadari kesalahan dan meminta maaf kepada publik secara terbuka. Permintaan maaf merupakan strategi paling efektif untuk mengakhiri krisis. Ini penting karena publik terkadang hanya ingin mendengar permintaan maaf. Setelah ada permintaan maaf, publik cenderung melupakan atau menepikan kesalahan yang pernah dilakukan Hancock sebelumnya. Lebih lanjut, upaya ini berhasil memunculkan respon positif dari publik. Keberadaan respon positifmenandakan masa krisis telah berhasil dilewati dengan baik oleh Hancock.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

interaksi

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APIK PTM) yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli. Terbit pertama kali pada bulan ...