Dalam penelitian ini menggambarkan tentang : 1. Bagaimana kesiapan produk bank syariah mandiri dalam menghadapi digital banking? 2. Apa faktor penghambat dan pendukung bank syariah mandiri dalam menghadapi digital banking? Jenis penelitian yang penulis lakukan dengan menggunakan jenis kualitatif, yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif ini berdasarkan pokok masalah yang dikaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecanggihan teknologi mendukung perkembangan suatu produk pada Bank Syariah Mandiri, 1) Pihak BSM sudah megoptimalkan produk dengan menggunakan aplikasi-aplikasi online yang mudah di akses oleh masyarakat yaitu internet banking dan mandiri syariah mobile. Melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan bentuk: membuat akun seperti Instagram agar nasabah atau calon nasabah lebih mudah mengetahui atau memahami produk-produk bank syariah mandiri. 2) Faktor penghambat yaitu tidak semua nasabah bertransaksi menggunakan layanan internet banking/mandiri syariah mobile, terdapat gangguan, seperti gangguan pada jaringan. Faktor pendukung, pada layanan sudah cukup lengkap, seperti ATM, Internet Banking, Mandiri Syariah Mobile yang bisa diakses. Implikasi dari penelitian ini yaitu perlunya sosialisasi khusus tentang cara bertransaksi menggunakan internet/mandiri syariah mobile dan perlunya juga sosialisasi tentang sistem keamanan yang digunakan bank syariah mandiri agar masyarakat merasa aman jika bertransaksi melalui bank syariah mandiri.
Copyrights © 2020