Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4, No 1 (2021): Tunas Cendekia

UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN ANAK MELALUI KEGIATAN TAPAK SUCI

Nur Mar’atul Kamilah (PAUD '
Aisyiyah Insan Robbani)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Menerapkan kedisiplinan pada anak sangat bermanfaat bagi anak untuk belajar mengendalikan emosi, mematuhi dan menghargai peraturan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan disiplin anak melalui kegiatan Tapak Suci di SD Muhammadiyah 1 Muntilan. Peneliti menggunakan desain penelitian action research dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 3 di SD Muhammadiyah 1 Muntilan, Kendal Growong, Pucungrejo Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variable input disiplin anak, variable proses kegiatan tapak suci dan variable output meningkatnya perilaku disiplin anak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Tapak Suci mampu meningkatkan disiplin anak kelas tida di SD Muhammadiyah 1 Muntilan Kabupaten Magelang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan 68,88% pada siklus I dan 85 % pada siklus II. Demikian hasil peningkatan perilaku disiplin melalui kegiatan Tapak Suci dapat digunakan untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tunascendekia

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Neuroscience Physics Social Sciences Other

Description

TUNAS CENDEKIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini is a double-blind peer-reviewed open access journal. This journal provides publication of articles covering the results of early childhood education research, including; development of moral and religious values, physical motor ...