JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI
Vol 28, No 50 (2021)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE PADA TOKO ONLINE GLUTA SKIN SEMARANG

haryani - (stie dharmaputra smg)
Ita Purnamasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

ABSTRACTThis study aims to determine the effect of Celebrity Endorser, Online Customer Reviews andHalal Labels on the purchasing decision skincare at the Gluta Skin Semarang online shop. Thepopulation is all consumers who have made purchases at the Gluta Skin Semarang online shop.The research sample was 75 respondents using incidental sampling technique. Data analysis usedmultiple linear regression with the SPSS program. The test results (H1) show celebrity endorsershave a positive significant effect on purchasing decisions. This means that the better the quality ofthe celebrity chosen, the higher the consumer purchasing decisions. Hypothesis 2 testing (H2)shows that online customer reviews have a significant positive effect on purchasing decisions. Thismeans that the more reviews there are, the higher the purchase deci sion. Hypothesis testing 3 (H3)shows that the halal label has a significant positive effect on purchasing decisions. This means thatthe existence of a halal label makes consumers confident and improves consumer purchasingdecisions.Keywords: Celebrity Endorser, Online Customer Review, Halal Label, Purchase DecisionABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Celebrity Endorser, Online CustomerReview dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Skincare pada toko online Gluta SkinSemarang. Populasinya adalah seluruh konsumen yang pernah melakukan pembelian pada tokoonline Gluta Skin Semarang. Sampel penelitian sebanyak 75 responden menggunakan tekniksampling insidental. Analisis data menggunakan uji regresi linier berganda dengan program SPSS.Hasil pengujian (H1)menunjukkan celebrity endorser memiliki pengaruh signifikan positifterhadap keputusan pembelian. Artinya semakin bagus kualitas celebrity yang dipilih makasemakin tinggi keputusan pembelian konsumen. Pengujian hipotesis 2 (H2)menunjukkan onlinecustomer review memiliki pengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian. Artinyasemakin banyak review yang ada maka semakin tinggi keputusan pembelian. Pengujian hipotesis 3(H3)menunjukkan label halal memiliki pengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian.Artinya dengan adanya label halal membuat konsumen yakin dan meningkatkan keputusanpembelian konsumen.Kata Kunci : Celebrity Endorser, Online Customer Review, Label Halal, Keputusan Pembelian

Copyrights © 2021