R.E.M (Rekyasa Energi Manufaktur) Jurnal
Vol 5 No 1 (2020): Juni 2020

Analisa Uji Performasi Sistem Kemudi, Trnasmisi, dan Sistem Pengereman pada Mobil Listrik Tipe Urban Concept Warok V.1.1

Wawan Trisnadi Putra (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Muhammad Malyadi (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan melakukan uji performasi sistem kemudi, transmisi, dan sistem pengereman mobil listrik Tipe Urban Concept Warok V.1.1. Asumsi dasar mobil listrik dirancang dengan tipe Urban Concept (Kendaraan roda empat seperti mobil saat ini) yang disesuaikan dengan regulasi Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE), yang diselenggarakan pemerintah Indonesia melalui Kemenristekdikti. Pada rancangan sistem kemudi menggunakan sistem kemudi berjenis ackerman, sistem transmisi menggunakan chain drive differential sedangkan sistem pengereman menggunakan cakram hidrolik. Pada hasil pengujian sistem kemudi memiliki sudut belok maksimum adalah 45 dengan radius belok kurang dari 6 meter, untuk sistem transmisi pada pengujian kecepatan putaran mesin roda belakang ( ) adalah 589,867 rpm dan putaran motor listrik 642,6 rpm dengan kecepatan rata – rata 53 km/jam. Besarnya perlambatan sistem pengereman adalah 4,901 dan 1,47 s untuk waktu pengeremannya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

rem

Publisher

Subject

Engineering

Description

Focus and Scope Aim: to facilitate scholar, researchers, and teachers for publishing the original articles of review articles. Scope: Mechanical Engineering include: Energy Conversion Renewable Energy Manufacturing Materials and Design Engineering ...