Epidemia: Jurnal Kesehatan Masyarakat UNIMA
Volume 2. No 2. MEI Tahun 2021

PENGARUH MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN Di PUSKESMAS PAPAKELAN

Lingkan Rombon (Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat Unima)
Beatrix Podung (Prodi IKM Unima)
Prycilia Mamuaja (Prodi IKM Unima)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Kepuasan pasien merupakan cerminan dari kualitas atau mutu pelayanan kesehatan yang diterima. Semakin bermutu pelayanan kesehatan yang diberikan, maka akan semakin tinggi pula kepuasan yang akan dimiliki pasien.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui apakah ada pengaruh mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di puskesmas papakelan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang diambil melalui metode teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis uji statistik product moment pearson yang hasilnya digambarkan dalam tabel distribusi frekuensi. Dan diperoleh hasil mutu pelayanan p=0,000. Ini menunjukkan Mutu Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien dan mempunyai thitung = 29,465 lebih besar dari ttabel = 2,048. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima yang mengatakan bahwa Mutu Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Papakelan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

epidemia

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

EPIDEMIA merupakan jurnal berkalah ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran di bidang kesehatan masyarakat. Artikel yang dimuat di jurnal ini merupakan artikel yang belum pernah dipublikasikan oleh jurnal lain. Jurnal ini ...