Jurnal Tadris Matematika (JTMT)
Vol 2 No 1 (2021): Volume 02 Nomor 1 July 2021

Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Aktivitas Belajar Sebagai Variabel Intervening

Rina (Universitas Sulawesi Barat)
Herna (Universitas Sulawesi Barat)
Nur Fahri Tadjuddin (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas (causal comparative research). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah minat belajar mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Alu Kabupaten Polewali Mandar melalui aktivitas belajar (aktivitas belajar sebagai variabel intervening). Hal ini dikarenakan minat belajar, aktivitas belajar, serta hasil belajar adalah tiga hal krusial dalam pembelajaran matematika. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IIS SMA Negeri 1 Alu tahun pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari dua kelas dengan sampling jenuh sebagai teknik pengambilan sampel. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket minat belajar, angket aktivitas belajar, dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistika deskriptif dan inferensial yang meliputi uji t, koefisien determinasi (nilai R2), serta analisis jalur dengan uji normalitas dan uji linearitas sebagai uji prasyarat. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa minat belajar berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui aktivitas belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Alu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Jtm

Publisher

Subject

Library & Information Science Mathematics

Description

Tujuan jurnal ini adalah untuk menerbitkan penelitian berkualitas tinggi dalam pendidikan matematika termasuk pengajaran dan pembelajaran, pengajaran, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, perkembangan pendidikan, dari berbagai jenis penelitian seperti ...