Kebutuhan primer setiap manusia adalah sandang, pangan dan papan, sehingga ketiga aspek tersebut merupakan indikator standar kehidupan minimum seseorang atau komunitas. Sandang (pakaian) merupakan kebutuhan yang paling mendasar untuk setiap manusia sebagai makhluk sosial. Kegiatan melipat pakaian merupakan hal yang sangat umum dilakukan setiap individu sejak zaman dahulu. Hingga saat ini hampir disetiap rumah tangga, kegiatan melipat pakaian masih menggunakan cara tradisional, hal ini tentu menyita waktu dan tenaga. Apalagi jika pekerjaan tersebut dilakukan oleh pelaku usaha di bidang konveksi ataupun laundry, dimana jumlah pakaian yang perlu dilipat sangat banyak setiap harinya. Hal ini dapat berpotensi menghambat efektifitas waktu dalam urusan bisnis dan berpotensi meningkatkan biaya pengeluaran untuk membayar tenaga pekerja yang bertugas untuk melipat pakaian tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah simulasi alat pelipat pakaian otomatis dengan menerapkan konsep Finite State Automata (FSA). Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan suatu grammar atau tata bahasa yang tepat untuk perancangan sebuah simulasi alat pelipat pakaian secara otomatis.
Copyrights © 2021