ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh pelatihan, komunikasi, dan kompetensi terhadap kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Utara Medan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif dan dengan data primer sebagai sumber data yang diperoleh dari hasil angket. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda yaitu dengan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik yaitu terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, serta dengan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan, komunikasi, dan kompetensi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Secara parsial, pelatihan dan komunikasi juga berpengaruh positif dan signifikan, sementara kompetensi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Dari uji koefisien regresi disimpulkan 62,0% dari kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independen yaitu pelatihan, komunikasi, dan kompetensi.Kata Kunci : Pelatihan, Komunikasi, Kompetensi, dan Kinerja Karyawan ABSTRACTThe purpose of this study was to analyze how the influence of training, communication, and competence on employee performance at PT. PLN (Persero) Main Unit for Generation North Sumatra, Medan. In this study, using a quantitative approach with an associative type and with primary data as a source of data obtained from the questionnaire results. The method of analysis in this research is multiple regression analysis, namely the validity test, reliability test, classical assumption test which consists of normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, and hypothesis testing. The results of this study indicate that training, communication, and competence simultaneously have a positive and significant effect on employee performance. Partially, training and communication also have a positive and significant effect, while competence does not have a positive and significant effect on employee performance. From the regression coefficient test, it is concluded that 62.0% of employee performance can be explained by independent variables, namely training, communication, and competence.Keywords : Training, Communication, Competence, and Employee Performance
Copyrights © 2021