Jurnal Bisnis dan Manajemen
Vol 20, No 2 (2020)

KEPUTUSAN PEMBELIAN E-COMMERCE SHOPEE DITINJAU DARI MOTIVASI HEDONIS, UTILITARIAN, PROMOSI PENJUALAN DAN MINAT KONSUMEN

AMIRA PUTRI MARDIANA (Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
ANNISA OCTAVIA (Universitas Batik Surakarta)
NANDA FARHANAH (Informatika Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2021

Abstract

ABSTRACTIn many years, there have been many marketplaces that offer account features (joint account), which are starting to increase the public's sense of trust with online shopping.Shopee is one of the biggest marketplaces in Indonesia. Consumer purchasing decisions for goods or services are often based on hedonistic or utilitarian motivations from consumers. So marketers must have a flexible and sensitive attitude in deciding the appropriate promotion for their consumers. Respondents in this study were 81 people consisting of students in Surakarta. Sampling using probability sampling technique, with the criteria of student status at a university in Surakarta. The results show that hedonism and utilitarian motivation, sales promotion and consumer interest in products have a positive effect on consumer buying behavior. This research helps companies develop sales promotion plans so as to increase the number of sales. Keywords : E-commerce, Utilitarian, Hedonism, Consumer Interest, Sale PromotionABSTRAKBeberapa tahun terakhir bermunculan banyak marketplace yang menawarkan fitur rekening bersama yang mulai meningkatkan rasa kepercayaan masyarakat dan menjadi kebutuhan serta gaya hidup di saat ini. Shopee merupakan salah satu marketplace terkemuka di Indonesia. Keputusan pembelian konsumen terhadap suatu barang atau jasa kerap kali didasari oleh motivasi hedonisme atau utilitarian dari konsumen. Sehingga tenaga pemasar harus memiliki sikap fleksibel dan peka dalam memutuskan promosi yang sesuai untuk konsumennya. Responden penelitian ini berjumlah 81 orang, terdiri dari mahasiswa di Surakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling, dengan kriteria berstatus mahasiswa di suatu universitas di Surakarta. Hasil menunjukkan bahwa motivasi hedonisme dan utilitarian, promosi penjualan serta minat konsumen terhadap produk berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian konsumen. Penelitian ini membantu perusahaan menyusun rencana promosi penjualan sehingga meningkatkan jumlah penjualannya. Kata Kunci : E-commerce, Utilitarian, Hedonism, Minat Konsumen, Promosi Penjualan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jbm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM) sebagai sarana publikasi hasil-hasil riset. JBM terbit dua kali setahun, yaitu pada bulan Mei dan Oktober. ...