Padjadjaran Journal of International Relations
Vol 3, No 2 (2021)

Strategi Gastrodiplomasi Tempe oleh Diaspora Indonesia di Amerika Serikat

Nurdiana Abhiyoga (Universitas Muhammadiyah Malang)
Yang Kharisma Febreani (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2021

Abstract

Artikel ini membahas upaya diaspora Indonesia dalam mempromosikan budaya Indonesia era New Normal. Makanan khas Indonesia merupakan sebuah aset terpenting negara untuk memajukan perekonomian dan pariwisata. Promosi budaya Indonesia melalui gastrodiplomasi dilakukan untuk membangun citra Indonesia di lingkup Internasional. Penerapan kebiasaan baru membuat para diaspora Indonesia di Amerika Serikat melakukan strategi alternatif untuk mempromosikan makanan khas Indonesia. Tulisan ini menganalisis strategi diaspora Indonesia di Amerika Serikat dalam membangun nation branding melalui promosi kuliner Indonesia era New Normal. Penelitian ini menggunakan konsep diaspora dan gastrodiplomasi untuk menjelaskan strategi gastrodiplomasi tempe oleh diaspora Indonesia di Amerika Serikat era new normal. Hasil dari penelitian ini yaitu diplomasi gastro dengan tempe oleh diaspora Indonesia melalui pembangunan pabrik tempe di di Amerika Serikat mendorong peningkatan kerja sama antara Indonesia dengan Indiana. Potensi peningkatan kerja sama yang salah satunya yaitu pilot project untuk menghasilkan kedelai kualitas premium di Indonesia. Dengan demikian, adanya pilot project antara Indonesia dan Indiana dapat membantu meningkatkan produksi kedelai berkualitas premium di Indonesia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

padjir

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Politik Global, Ekonomi Politik Global, Organisasi dan Kerjasama Internasional, Tata Kelola Global dan Hukum Internasional, Diplomasi, Kebijakan Luar Negeri, dan Studi Keamanan, Gender dan Feminisme, serta Studi ...