Artikel ini membahas upaya diaspora Indonesia dalam mempromosikan budaya Indonesia era New Normal. Makanan khas Indonesia merupakan sebuah aset terpenting negara untuk memajukan perekonomian dan pariwisata. Promosi budaya Indonesia melalui gastrodiplomasi dilakukan untuk membangun citra Indonesia di lingkup Internasional. Penerapan kebiasaan baru membuat para diaspora Indonesia di Amerika Serikat melakukan strategi alternatif untuk mempromosikan makanan khas Indonesia. Tulisan ini menganalisis strategi diaspora Indonesia di Amerika Serikat dalam membangun nation branding melalui promosi kuliner Indonesia era New Normal. Penelitian ini menggunakan konsep diaspora dan gastrodiplomasi untuk menjelaskan strategi gastrodiplomasi tempe oleh diaspora Indonesia di Amerika Serikat era new normal. Hasil dari penelitian ini yaitu diplomasi gastro dengan tempe oleh diaspora Indonesia melalui pembangunan pabrik tempe di di Amerika Serikat mendorong peningkatan kerja sama antara Indonesia dengan Indiana. Potensi peningkatan kerja sama yang salah satunya yaitu pilot project untuk menghasilkan kedelai kualitas premium di Indonesia. Dengan demikian, adanya pilot project antara Indonesia dan Indiana dapat membantu meningkatkan produksi kedelai berkualitas premium di Indonesia.
Copyrights © 2021