Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu Mind Mapping terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi usaha dan energi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al Husna pada tahun 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Penelitian ini menggunakan desain rancangan nonequitevalent control group design. Populasi penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas X MIA SMA Al Husna. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan mengambil 2 kelas secara tidak acak yang terdiri dari 65 peserta didik. Kelas X MIA 1 adalah kelas eksperimen. Kelas X MIA 2 adalah kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan 6 soal tes essay kemampuan pemecahan masalah yang telah dinyatakan valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika pada pesera didik kelas X khususnya pada X MIA 1 dan X MIA 2. Uji normal gain pada kelas eksperimen sebesar 0,36 dan dikategorikan sebagai G Sedang, dan pada kelas kontrol sebesar 0,15 dikategorikan sebagai G rendah. Pengujian hipotesis diperoleh 0,00  0,05 hal ini disimpulkan H1 diterima dan H0 ditolak sehingga model Problem Based Learning (PBL) berbantu mind mapping pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021