Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 12, No 1 (2021): APRIL 2021

Efektivitas Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Sikap Ilmiah dan Keterampilan Proses Sains

Khoiri, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2021

Abstract

Keterampilan proses sains sangat penting dalam rangka membangun konsep sains yang baik bagi siswa. Keterampilan proses sains bisa dimunculkan melalui pembelajaran yang interaktif, salahsatu pembelajaran interaktif dalam pembelajaran sains adalah model pembelajaran inkuiri. Penelitian bertujuan untuk mengukur dampak pembelajarn inkuiri terhadap sikap dan keterampilan proses sains. Penelitian menggunakan metode quasi ekperimen. Sasaran penelitian siswa yang berjumlah 360 siswa sekolah menengah atas di kabupaten Brebes. Data utama sikap ilmiah dan keterampilan proses sains siswa didapatkan dari hasil pengamatan saat pembelajaran dan penilaian hasil belajar siswa. Rata-rata penilaian sikap ilmiah kelas siswa di kelas eksperiment 49,7 sedangkan kelas kontrol 42.1. saedangkan rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas eksperiment adalah 76,8 dan kelas kontrol 57,8. Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji t untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol  didapatkan skor  0.04 artinya terdapat perbedaan nyata antara kelas eksperiment dan kelas kontrol. Simpulan penelitian bahwa dampak pemanfaata model inkuiri terhadap sikap ilmiah dan keterampilan proses sains siswa sangat nyata.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...