Jurnal Pustakawan Indonesia
Vol. 19 No. 1 (2020): Jurnal Pustakawan Indonesia

Peningkatan layanan perpustakaan dengan media SMS gateway: studi kasus Perpustakaan Kebun Raya Bogor

Sutarsyah (LIPI Bogor)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2020

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi perlu dilakukan untuk meningkatkan layanan perpustakaan ke pemustaka, dalam tulisan ini Perpustakaan Kebun Raya Bogor melakukan layanan SMS sebagai media komunikasi untuk meningkatkan layanan perpustakaan. Layanan SMS dilakukan karena ruang perpustakaan pindah dan memiliki jarak yang cukup jauh sekitar 2 km dengan kantor utama, sebagai pusat segala aktifitas termasuk peneliti sebagai pengguna aktif perpustakaan. Hal ini menyebabkan akses ke perpustakaan jauh sehingga berdampak pada jumlah kunjungan para peneliti menurun, terlambat dalam penyampaian informasi-informasi baru, dan tingkat disiplin pengembalian buku ke perpustakaan menjadi kurang baik. Tujuan dari layanan ini untuk mengetahui respon peneliti terhadap layanan SMS Gateway. Metode penelitian dilakukan dengan melakukan uji coba prototip. Hasil penelitian menunjukkan respon positif dari peneliti dengan permintaan beberapa artikel yang dibutuhkan untuk dicarikan literaturnya oleh perpustakaan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Merupakan terbitan berkala terbit dua kali setahun yang menyajikan tulisan-tulisan Bidang perpustakaan, dokumentasi, Informasi dan komputer, Bidang Perpusdokinfokom di ...