DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah
Vol 2, No 2 (2021): Juni 2021

PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA GEOBOARD MELALUI SISTEM DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 ASEMDOYONG PEMALANG

Rifqi Atussilmi (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)
Diana Endah Handayani (Unknown)
Suyitno x YP (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Think Pair Share (TPS) berbantu media geoboard berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi luas dan keliling bangun datar siswa kelas IV SD Negeri 03 Asemdoyong serta apakah siswa mampu memahami konsep luas dan keliling bangun datar. Metode yang dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan metode kuantitatif True Experimental Design dengan jenis penelitian One- group Prestest-Posttest Design. Terdapat satu kelas yang akan diberi soal pada awal pembelajaran berupa soal pretest. Soal pretest diberikan sebelum pembelajaran. Setelah mengerjakan soal pretest kemudian siswa akan diberikan perlakuan yaitu dengan pembelajaran model Think Pair Share, setelah diberi perlakuan, pada akhir pembelajaran siswa diberi soal posttest. Penelitian ini dilakukan di kelas IV di SD Negeri 03 Asemdoyong. Model yang diterapkan dalam penelitian ini merupakan model pembelajaran Think Pair Share yang menekankan pada pembelajaran berkelompok sehingga memudahkan siswa untuk pembahasan materi luas dan keliling bangun datar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : model Think Pair Share (TPS) berbantu media geoboard berpenagruh terhadap hasil belajar matematika materi luas dan keliling bangun datar kelas IV SD Negeri 03 Asemdoyong. Terdapat peningkatan terhadap rata-rata nilai pada pretest 57 kemudian setelah perlakuan dilakukannya posttest meningkat menjadi 84.Kata Kunci: hasil belajar matematika, model pembelajaran Think Pair Share (TPS)

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dwijaloka

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah is a journal which publish articles concerned with education in elementary, junior, and high schools. Basic is published in March, July, and November ...