Fikrah : Journal of Islamic Education
Vol 5, No 1 (2021)

PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA

Azis, Muhammad Ramdan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Peranan guru PAI sangat melekat dengan kecerdasan spiritual, maka pengajarannya tidak boleh dilakukan dengan seenaknya saja atau secara asal-asalan. Karena jika seperti itu akan berakibat tidak baik yang akan menggagalkan peningkatan mutu pendidikan islam. Kecerdasan spiritual adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menghadapi dan memecahkan berbagai makna, kontrol diri, dan menggunakan hati nurani dalam kehidupan serta kemampuan memberi makna nilai dalam hidup agar menjadi manusia yang sempurna atau insan kamil agar tercapai kehidupan dunia akhirat yang bahagia. Penelitian ini mempunyai tujuan “ingin mengetahui bagaimana peran guru PAI serta upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMK Wiyata Mandala Bogor dan hambatan apa saja yang dialami dalam prosesnya”. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif,Penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan cara meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan penelitian kualitatif deskriiptif, data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. lalu dianalisis menggunakan teknik analisis data yaitu dengan mencatat hasil lapangan, mengumpulkan dan memilah data mengklarifikasi, dan memikirkan makna, pola dan hubungan kemudian membuat temuan-temuan. Setelah itu penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode diatas memperoleh hasil bahwa:1.kecerdasan spiritual siswa di SMK Wiyata Mandala Bogor sudah cukup baik, terlihat dari sikap siswa terhadap guru, teman dan lingkungannya serta dalam pelaksanaan ibadahnya sehari-hari. 2.cara guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa sudah sangat baik, yaitu melalui kegiatan-kegiatan keagamaan, nasehat dan keteladanan. 3. hambatan yang dihadapi adalah dengan adanya tantangan zaman seperti teknologi dan juga masih kurangnya minat siswa sertanya masih menjangkitnya rasa malas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fikrah

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Fikrah: Journal of Islamic Education published twice a year since 2017 (June and December), is a multilingual (Bahasa and English), peer-reviewed journal, and specializes in Islamic Education. This journal is published by the Faculty of Islamic Studies, Ibn Khaldun University of Bogor, in ...