Fikrah : Journal of Islamic Education
Vol 5, No 1 (2021)

PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI MENTORING TERHADAP KEDISIPLINAN BERIBADAH MAHASISWA PESERTA LEMBAGA DAKWAH KAMPUS UIKA BOGOR

Pratama, Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Keaktifan mengikuti mentoring lembaga dakwah kampus menjadi bagian terpenting dalam meningkatkan  kedisiplinan beribadah mahasiswa peserta lembaga dakwah kampus Al-Intisyar Universitas Ibnu Khaldun Bogor. mahasiswa perlu dibekali nilai-nilai ajaran Islam sebagai landasan yang paling dasar dalam menjalankan tugas-tugas sebagai hamba Nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktif mengikuti mentoring terhadap kedisiplinan beribadah. Dalam hal ini mahasiswa dituntut untuk merespon situasi yang ada dalam kegiatan mentoring serta dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari sesuai syariat islam untuk selalu berbuat baik kepada sesama manusia,lingkungan, dan makhluk hidup lainnya. Yang terjadi dilingkungan kampus  sebagai bentuk sikap/tindakan yang mereka terima dengan baik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah quesioner. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa peserta lembaga dakwah kampus Al-Intisyar Universitas Ibnu Khaldun Bogor  yang berjumlah 40 mahasiswa responden. Berdasarkan hasil analisis nilai korelasi antara variabel X dan Y sebesar 0,931. Jika dilihat dari tabel interprestasi terletak antara 0,90-1,00 hal ini terdapat korelasi yang sangat kuat atau sangat tinggi. Kemudian dengan melihat nilai tabel pada “r” dengan nilai signifikansinya diperoleh “r” tabel sebesar 0,312. Dengan demikian pada taraf signifikasi 5 %  “r” hitung = 0,931> dari “r” tabel = 0,316, berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti mentoring terhadap kedisiplinan beribadah mahasiswa peserta lembaga dakwah kampus Universitas Ibnu Khaldun Bogor.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fikrah

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Fikrah: Journal of Islamic Education published twice a year since 2017 (June and December), is a multilingual (Bahasa and English), peer-reviewed journal, and specializes in Islamic Education. This journal is published by the Faculty of Islamic Studies, Ibn Khaldun University of Bogor, in ...