Mutu pelayanan kesehatan berkaitan erat dengan kepuasan pasien dan menjadi salah satu alat ukur keberhasilan kualitas pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan dikatakan berhasil ketika dapat memberikan kepuasan kepada pasien, sedangkan ketidakpuasan merupakan masalah yang perlu diperhatikan untuk memperbaiki mutu pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Fatima Makale di era new normal. Desain penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini yaitu 509 pasien, teknik pengambilan sampel secara accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 81 responden. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu uji chi Square dengan tingkat kemaknaan ?=0,005 dan diperoleh nilai ?=0,000. Hal ini menunjukkan nilai p, artinya ada hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Fatima Makale di era new normal. Jadi semakin baik mutu pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Rumah Sakit maka semakin meningkat kepuasan pasien dan sebaliknya semakin rendah mutu pelayanan yang diberikan oleh Rumah sakit maka akan semakin rendah pula kepuasan pasien terhadap mutu jasa pelayanan yang diberikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021