PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi
Vol. 1 No. 1 (2021)

PEMANFAATAN METODE PARTISIPATORI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN KEMAMPUAN SISWA MELAKUKAN PERCAKAPAN DENGAN UNGKAPAN MENERIMA DAN MENOLAK AJAKAN DI KELAS VIII A SMP NEGERI 1 SUGIHWARAS KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN

ALI MUHADI (SMP Negeri 1 Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian menggunakan pendekatan pembelajaran dengan metode Partisipatori ini, diharapkan siswa mampu meningkatkan prestasi dan kemampuan siswa dalam melakukan percakapan untuk menerima dan menolak ajakan dengan benar melalui penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tindakan siklus 1, tindakan siklus 2 dan tindakan siklus 3. Data yang diambil dalam penelitian ini merupakan data hasil wawancara, observasi tindakan siklus 1, 2 dan 3,serta data pendukung lainnya. Dari hasil penelitian diperoleh data telah terjadi peubahan tingkat kemampuan peserta didik menjadi lebih baik. . Hal ini terlihat dari perubahan hasil nilai rata-rata kelaspada tindakan siklus1 sebesar : 66,0 (rendah) sedangkan siklus2 adalah : 74,3 (cukup) sehingga diketahui penigkatan pada siklus 3 adalah : 86,0 (baik) nilai prosentase keberhasilan cukup baik yaitu sebesar 75,4%. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode partisipatori mampu meningkatkan prestasi dan kemampuan siswa dalam melakukan percakapan untuk menerima dan menolak ajakan pada mata pelajaran Bahasa Inggriskelas VIII A di SMP Negeri 1 Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro semester genap tahun pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

paedagogy

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Educational Science and ...