DEMAnD
Vol 3 No 1 (2021): June 2021

STRATEGI PEMASARAN PUSAT PERBELANJAAN DENGAN POSITIONG BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI KOTA SUKABUMI

Tedi Pitri (STIE Pasim Sukabumi)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Matahari Departement Store, Yogya Departement Store, Tiara, Selamat, dan Tiara merupakan pelaku bisnis ritel di kota Sukabumi yang melakukan observasi lapangan langsung dengan menggunakan survei untuk mendapatkan informasi dan yang actual mengenai persepsi konsumen khususnya mengenai retail mix untuk menjadikan suatu strategi dan taktik dalam pemasarannya. Sehingga untuk mencapai tujuannya dilakukan dengan berbagai langkah dan strategi yaitu menganalisis peta positioning berdasarkan persepsi konsumen terhadap bauran ritel. Positioning adalah sebuah tindakan dalam merancang penawaram dan brand image perusahaan sehingga mendapatkan posisi yang unik atau khas dalam persepsi pelanggan yang menjadi targetnya. Penelitian ini dengan sample sebanyak 120 responden, teknik penarikan sample menggunakan purposive sampling. Analisis dengan menggunakan MDS, data yang diperoleh untuk mengetahui validitas dan reabilitas, peta positioning pusat perbelanjaan di kota Sukabumi meliputi (Matahari, Yogya, Ramayana, Selamat, dan Tiara) dari hasil analisis MDS mengenai positioning pelanggan berdasarkan persepsi pelanggan, kemudian kemiripan respon melalui sikap responden dalam penilaian atribut retail mix. Dari pengolahan data menunjukan terdapat persamaan atau kemiripan serta perbedaan posisi masing-masing dipusat perbelanjaan, nilai atribut product terdapat kemiripan pada pusat perbelanjaan Matahari Departemen store, Tiara, dan Ramayana, nilai atribut price terdapat kemiripan pada Matahari dan Ramayana, nilai atribut place terdapat kemiripan pada Matahari dan Ramayana, pada atribut promosi terdapat kemiripan pada Selamat dan Tiara, nilai atribut physical fasility terdapat kemiripan pada Selamat dan Tiara, pada nilai atribut service terdapat kemiripan pada atribut Matahari dan Ramayana, serta Yogya dan Selamat, dan nilai atribut people terdapat kemiripan antara Selamat dan Tiara. Analis data dengan uji reablity serta persepsi persamaan sikap para responden dari hasil analisis data menggambarkan responden secara khusus tidak memiliki kesamaan sikap masing masing responden dalam penilaian kemiripan pusat perbelanjaan dikota Sukabumi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

demand

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development (DEMAnD) is a scientific journal in the fields of Economics, Management and Accounting. Published every 6 months or 2 times a year, to be precise in June and December. DEMAnD is an open access journal, but it is in its policy not to ...