Masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh kompentensi guru dalampembelajaran IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS diSMP Negeri 9 Baubau. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahuiapakah ada pengaruh pengaruh kompentensi guru dalam pembelajaran IPS terhadapprestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 9 BaubauPengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metodepenelitian kuanlitatif yang memiliki tiga tahap kerja yaitu: (a) observasi, (b) dokumen,dan (c) Quesioner. Waktu dan Tempat Penelitian ini dilakukan Tahun ajaran 2020/2021di SMP Negeri 9 Baubau. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah siswakelas VIII 1 berjumlah 54 dan kelas VIII 2 berjumlah 59 maka total populasiBerjumlah 113 orang siswa . Sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik randomsampling ( sampel acak ) dimana kelas VIII 1 ditarik sampel berjumlah 28 dan kelasVIII 2 ditarik sampel berjumlah 29, jadi sampel sebesar 50% maka jumlah sampel yangdi teliti berjumlah 57 orang siswa. Instrumen observasi dan angket .Hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan umus product moment.Berdasarkan hasil yang diperoleh, nilai koofisien korelasi (r) sebesar 0,75 sedangkannilai determinasinya ( ) sebesar 0,5625. Ujivaliditas 0,998 dapat di simpulkan bahwaada pengaruh kompentensi guru dalam pembelajaran IPS terhadap prestasi belajar siswakelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 9 Baubau. Uji t (t-hitung ) 8,409,maka dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh kompentensi guru dalam pembelajaranIPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 9Baubau. Untuk uji reliabilitas instrument variabel X di dapatkan hasil r = 0,900. Hal inimenunjukan bahwa tingkat reliabilitas instrument termasuk sanga ttinggi. Nilai rata-ratayaitu 75,10 serta r table dengan memperhatikan besarnya = 0,75 yang bekisar antara0.600 – 0.799 berarti ada korelasi antara variabel X dan variabel Y dan itu termasukkorelatif positif yang tinggi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021