Journal Social Science And Technology For Community Service
Vol 2, No 2 (2021): Vol 2, No 2 (2021): September 2021

PELATIHAN SPADA SEBAGAI OPTIMALISASI LMS PADA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19

Ahmad Ari Aldino (Universitas Teknokrat Indonesia)
Very Hendra (Universitas Teknokrat Indonesia)
Dedi Darwis (Universitas Teknokrat Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2021

Abstract

E-learning merupakan salah satu solusi agar proses pembelajaran selama pandemi Covid-19 tetap berjalan. E-learning dapat memudahkan guru dan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ). Permasalahannya adalah tidak semua aplikasi yang digunakan untuk Pembelajaran Jarak Jauh(PJJ) memiliki standarisasi yang sama baik dari segi pengisian materi, penugasan dan penilaian hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan Learning Managemen System(LMS) untuk menstandarisasi baik dari segi materi, penugasan dan penilaian hasil belajar siswa, agar proses pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan tujuan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Teknokrat Indonesia berkerja sama dengan pihak Manajemen SMA Negeri 1 Metro Kibang menerapkan Leanring Mangemen Systerm (LMS) pada proses pembelajaran selama pandemi. Penerapan Learning Managemen System (LMS) tersebut di implementasikan dalam bentuk pelatihan SPADA untuk Kepala Sekolah dan semua pihak manajemen SMA NegeriN 1 Metro Kibang. Tujuan dari pelatihan ini adalah agar Kepala Sekolah dapat memonitoring kegiatan pembelajaran dan guru dapat menerapkan Learning Managemen System (LMS)  pada proses pembelajaran selama pandemi. Pelatihan ini di ikuti oleh 28 guru SMA Negeri 1 Metro Kibang. Hasil dalam kegiatan ini yaitu 91.964 %guru SMA N 1 Metro Kibang dapat menerapkan Learning Managemen System(LMS) berupa penggunakan aplikasi SPADA pada proses pembelajaran, nilai tersebut diperoleh dari hasil pemberian angket setelah pelatihan. Selain itu penerapan Learning Managemen System(LMS)  berupa pemafaatan SPADA juga bermanfaat bagi Kepala Sekolah dalam memonitoring kinerja guru pada proses pembelajaran selama masa pandemi covid-19

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JSSTCS

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Community Services, People, Local Food Security; Training, Marketing, Appropriate Technology, Design; ...