An-Nuha : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 1 No 3 (2021): Islamic Education

Strategi Pembelajaran Tasawuf dalam Membina Moralitas Santri di Madrasah Tarbiyah Islamiah (MTI) Canduang Melalui Kitab Al-Hikam

Debi Anggraini (Universitas Negeri Padang)
Ahmad Rivauzi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Degradasi moral menjadi isu hangat yang ramai diperbincangkan di era ini. Moral perlahan tapi pasti telah terkikis secara sistematis seiring dengan berkembangya ilmu pengetahuan dan teknologi. Krisis moral merupakan krisis yang membutuhkan upaya intervensi agar tidak terjadi krisis kolektif di kemudian hari. Menempuh pendidikan pesantren dan mempelajari kitab al-hikam bisa menjadi opsi untuk menjawab problematika moral ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tentang strategi pembelajaran yang digunakan oleh tenaga pendidik di MTI Canduang dalam mengajarkan kitab al-hikam dan bagaimana pengaruh kitab al-hikam dalam pembinaan moralitas.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menempatkan peneliti sebagai instrument inti. Wawancara dan observasi dipilih sebagai teknik pengumpulan data dengan terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan data dari informan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa kitab al-hikam kaya akan nilai-nilai moralitas. Adapun strategi pembelajaran kitab al-hikam yang digunakan di MTI Canduang adalah ekspisitori. Dan cara penanaman nilai-nilai dari kitab al-hikam adalah dengan metode mau’izah dan hikmah (modelling).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

annuha

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Teaching Education Development Islamic Education Material Learning Models and Strategies Curriculum Philosophy of Islamic Education Politics of Islamic Education History of Islamic Education Educators and ...