Tujuan peneitian ini adalh untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa SD Negeri Sinarsaluyu dengan menerapkan model ICM (Index Card Match) pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam 2 siklus dengan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan repleksi. Penelitian ini dilakukan pada 38 siswa kelas V SD Negeri Sinarsaluyu. Sumber data berasal dari guru dan siswa serta proses pembelajaran. Pengumpulan data berasal dari hasil tes, wawancara, pengamatan, serta quisioner. Dari hasil selama proses penelitian didapatkan aktivitas kinerja guru meningkat dari 62.5% menjadi 79.5% pada pra siklus, kemudian menjadi 82.31 pada siklus I, dan hasil pengembangan aktivitas belajar siswa pada pra siklus adalah 65.79% menjadi 73.69% dan menjadi 81.37% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dan diskusi, dapat ditarik kesimpulan bahwa proses pembelajaran menggunakan ICM dapat meingkatkan hasil dan aktivitas proses pembelajaran di kelas V SD Negeri Sinarsaluyu.
Copyrights © 2021