Unisaedu : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 5 No 3 (2021): UNISAedu Vol. 5 No. 3 2021

Peningkatan Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Metode Student Team Achievement Division Pada Siswa

THEDI SUMARNA (SMK Pelita 2 Bandung)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2021

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1)penerapan metode STAD pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan motivasi belajar,(2) penerapan metode STAD pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa dilihat dari peningkatan pada setiap pertemuan. Pada pertemuan pertama 50% siswa yang keaktifan dan kerjasama masih kurang baik berkurang menjadi 10% pada pertemuan ketiga. Pada pertemuan pertama 50% siswa yang keaktifan dan kerjasama baik dan sangat baik mengalami peningkatan menjadi menjadi 90% pada pertemuan ketiga. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata Siklus 1 adalah 88 sedangkan nilai rata-rata sebelum tindakan adalah 73. Jadi kemampuan prestasi belajar mengalami peningkatan dan tercapainya taraf ketuntasan belajar, yaitu minimal 75.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

unisaedu

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal UNISAedu [p-ISSN 2549-1563 adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Al-Ihya Kuningan. Jurnal UNISAedu ini menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup Ilmu Pendidikan. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi ...