Tujuan penelitian ini, untuk mencari informasi dan mengetahui kemampuan representasi matematis siswa SMA ditinjau dari gender/jenis kelamin. Metode yang digunakan adalah metode kepustakaan (library research), data dalam penelitian ini diperoleh melalui membaca, mencatat, serta mengumpulkan data dari berbagai sumber pustaka seperti jurnal, artikel dan sumber lainya yang relevan. Hasil penelitian kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari gender.Berdasarkan hasil penelitian dari tujuh jurnal, dari 58 siswa yang terdiri dari 26 siswa laki-laki dan 32 siswa perempuan, kemampuan representasi matematis siswa terdapat perbedaan setiap gender. Perbedaan setiap gender dilihat dari cara menyelesaikan soal sesuai dengan indikator dari setiap artikel yang ada dan kemampuan menjawab soal dan menyelesaikan soal hampir sama tetapi cara menjelaskan soal dengan cara yang berbeda. Kemampuan representasi matematis siswa laki-laki hampir sama kemampuan representasi matematis siswa perempuan dalam cara menjawab soal tes, sesuai dengan indikator yang diterapkanKata Kunci: kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari gender.
Copyrights © 2021