Sumba Journal of Research and Mathematics Education
Vol. 3 No. 1 (2021)

OPTIMALISASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMA DI TINJAU DARI GENDER/JENIS KELAMIN

Maria Tamo Ina (Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Weetebula)
Ahmad Muzaki (Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Weetebula)
Samuel Rex M. Making (Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Weetebula)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini, untuk mencari informasi dan mengetahui kemampuan representasi matematis siswa SMA ditinjau dari gender/jenis kelamin. Metode yang digunakan adalah metode kepustakaan (library research), data dalam penelitian ini diperoleh melalui membaca, mencatat, serta mengumpulkan data dari berbagai sumber pustaka seperti jurnal, artikel dan sumber lainya yang relevan. Hasil penelitian kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari gender.Berdasarkan hasil penelitian dari tujuh jurnal, dari 58  siswa yang terdiri dari  26 siswa laki-laki dan 32 siswa perempuan, kemampuan representasi matematis siswa terdapat perbedaan setiap gender. Perbedaan setiap gender dilihat dari cara menyelesaikan soal sesuai dengan indikator dari setiap artikel yang ada dan kemampuan menjawab soal dan menyelesaikan soal hampir sama tetapi cara menjelaskan soal dengan cara yang berbeda. Kemampuan representasi matematis siswa laki-laki hampir sama kemampuan representasi matematis siswa perempuan dalam cara menjawab soal tes, sesuai dengan indikator yang diterapkanKata Kunci: kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari gender.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppms

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) |p-ISSN : 2714-8939 , e-ISSN : 2714-8947| merupakan wahana bagi para peneliti khususnya dibidang pendidikan matematika dalam mengembangkan teknologi pendidikan dan teori-teori pendidikannya khususnya dibidang matematika. Jurnal ini diterbitkan ...