Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perhitungan yang tepat dalam menetapkan harga berdasarkan pesanan di Wijaya Advertising dan membandingkan perhitungan harga pokok produksi perusahaan dengan perhitungan harga pokok produksi teori full costing. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data yang diolah dengan menggunakan analisis Full Costing untuk penentuan harga pokok produksi dan analisis Job Order Costing untuk penentuan harga jual berdasarkan pesanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pencatatan Job Order Costing, ternyata hasil Laba yang diperoleh lebih baik jika dibandingkan dengan pencatatan sebelumnya, dimana harga pokok produksi telah diperhitungkan biaya overhead sesungguhnya atas dasar stroke yang digunakan oleh masing-masing biaya. Metode Full Costing yang digunakan dalam laporan keuangan telah memperhitungkan seluruh proses produksi atas dasar seluruh biaya yang dikeluarkan. Dimana harga pokok produksi per lembar spanduk dengan pesanan nomor 499 pada tahun 2019 adalah sebesar Rp. 32.000,-. Sedangkan harga pokok produksi menurut perusahaan sebesar Rp. 30.000,-. Sehingga terdapat selisih sebesar Rp. 2.000,-.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021