Bharanomics
Vol 2, No 1: September 2021

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Daya Beli Masyarakat di Kabupaten Sidoarjo

Deby Silvia (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Surabaya)
Mohammad Balafif (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Surabaya)
Anggraeni Rahmasari (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Surabaya)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Daya Beli Masyarakat di Kabupaten Sidoarjo Tahun 2010-2020. Pengambilan data dilakukan  di Badan Pusat Statistika Kabupaten Sidoarjo. Menggunakan data sekunder, yaitu data Inflasi, Produk Domestik Regional Bruto, Upah Minimum Kabupaten dan Daya Beli. Teknik pengujian data dan metode analisis yang digunakan meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heterokedastisitas dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linear memperoleh persamaan Y= 10,654+0,015 INFLASI +0,299 PDRB+0,015 UMK dengan perhitungan : a) Nilai signifikan sebesar 0,000<0,005 artinya Inflasi, Produk Domestik Regional Bruto, dan Upah Minimum Kabupaten berpengaruh simultan terhadap tingkat daya beli masyarakat. b) Nilai signifikan Inflasi sebesar 0,294>0,05 artinya secara parsial Inflasi tidak berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. c) Sedangkan nilai signifkan Produk Domestik Regional Bruto dan Upah Minimum Kabupaten sebesar 0,015 dan 0,26 artinya Produk Domestik Regional Bruto dan Upah Minimum Kabupaten berpengaruh secara parsial terhadap daya beli masyarakat di Kabupaten Sidoarjo.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bharanomics

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Bharanomics berfokus pada isu-isu yang berkaitan dengan ekonomi secara luas, yang mencakup bidang: Ekonomi lokal dan regional, Ekonomi industri, Ekonomi pembangunan, Ekonomi ketenagakerjaan, Perdagangan internasional, Ekonomi moneter dan perbankan, Ekonomi kreatif, Ekonomi syariah, dan lain ...