JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 5, No 5 (2021): Oktober

STRATEGI USAHA SELAMA PANDEMI PADA UMKM PEMPEK DI KOTA PALEMBANG

Dasir Dasir (Teknologi Pangan, Universitas Muhammadiyah Palembang)
Dinarossi Utami (Manajemen, Universitas Muhammadiyah Palembang)
Innike Abdillah Fahmi (Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Palembang)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2021

Abstract

Abstrak: Pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan pada berbagai sektor usaha termasuk usaha kecil mikro dan menengah. Bahkan banyak UMKM yang tidak lagi beroperasi dikarenakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat sebagai bentuk upaya pengurangan penyebaran Covid-19. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu UMKM pempek di Kota Palembang dalam mengatasi permasalahan usaha selama pandemi. UMKM Pempek yang menjadi mitra pada kegiatan ini adalah UMKM Pempek Eka. Tahapan kegiatan pengabdian dilakukan melalui dua kegiatan. Tahap pertama yakni perencanaan stok bahan baku, sedangkan yang kedua yakni pemasaran produk melalui media elektronik. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa adanya kegiatan tersebut memberikan keterampilan baru bagi UMKM Pempek Eka. Hal ini terlihat pada evaluasi pengetahuan sebelum dilakukan pelatihan yakni sebesar 45%, dan 80% setelah dilakukan pelatihan dan pendampingan. Selain itu, hasil kegiatan juga terlihat dari meningkatnya produksi pempek sebesar 125% dari sebelum dilakukan pelatihan mengenai perencanaan stok bahan baku dan meningkatnya hasil penjualan sebesar 75% setelah dilakukan pemasaran produk melalui media elektronik. Keberlangsungan UMKM diharapkan dapat menjadi salah satu tiang dalam menopang perekonomian daerah maupun nasional. Abstract:  The Covid-19 pandemic has caused a decline in various business sectors, including small, micro, and medium enterprises. Many MSMEs are no longer operating due to the imposition of restrictions on community activities as an effort to reduce the spread of Covid-19. This activity aims to help Pempek SMEs in Palembang City in overcoming business problems during the pandemic. The Pempek SMEs that are partners in this activity are Pempek Eka SMEs. The stages of service activities are carried out through two activities. The first stage is planning the stock of raw materials, while the second is product marketing through electronic media. The results of the activity show that the existence of these activities provides new skills for Pempek Eka SMEs. This can be seen in the evaluation of knowledge before training, which is 45%, and 80% after training and mentoring. In addition, the results of the activity can also be seen from the increase in pempek production by 125% from before training on raw material stock planning and an increase in sales results by 75% after marketing the product through electronic media. The sustainability of MSMEs is expected to be one of the pillars in supporting the regional and national economy. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...