ABSTRAKSektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah termasuk di tingkat Provinsi. Meskipun mengalami kenaikan jumlah kunjungan dari tahun ke tahunnya, kurangnya promosi dan infrastruktur yang kurang memadai masih menjadi hambatan dalam pengembangan sektor pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran promosi pariwisata dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat bagi perkembangan bisnis pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pesan promosi pariwisata belum optimal begitu pula peran Pemerintah Provinsi khususnya mengenai infrastruktur lokasi wisata non unggulan, masih perlu ditingkatkan untuk mendukung perkembangan sektor pariwisata di Jawa Barat.Kata kunci : promosi, pemerintah provinsi, bisnis pariwisata
Copyrights © 2021