Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
Vol 9, No 3 (2021): Desember

Media Audio Visual dengan Tema Lingkunganku Terhadap Keterampilan Berbicara Anak di Depan Umum

Sembiring, Sim Br (Unknown)
Agung, Anak Agung Gede (Unknown)
Antara, Putu Aditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2021

Abstract

Kemampuan anak dalam berbicara di depan kelas (di depan umum) masih perlu distimulasi dengan optimal agar anak semakin percaya diri tampil di depan umum. Penggunaan media audio visual dipandang sebagai media efektif untuk menstimulasi keterampilan berbicara anak khususnya di depan umum. Selain membuat anak senang dan nyaman, media audio visual mengakomodasi pembelajaran anak usia dini dengan belajar sambil bermain. Tujuan penelitian ini adalah menciptakan media audio visual, dan mendesain prototipe dengan tema lingkunganku terhadap keterampilan berbicara di depan umum. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yaitu model RDR (Research, Development, Research). Subjek penelitian ini yaitu 1 orang ahli media, 1 orang ahli instrumen keterampilan berbicara anak di depan umum, 1 orang ahli desain instruksional, 3 uji perorangan serta 6 orang dalam uji kelompok kecil. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen, dan analisis data dengan statistik deskriptif. Hasil penilaian dari ahli desain Instruksional adalah 93,3% sehingga berada pada kualifikasi sangat baik, hasil penilaian dari ahli media adalah 94,5% sehingga berada pada kualifikasi sangat baik, hasil penilaian nya adalah 1,00% sehingga berada pada kualifikasi sangat baik. Kemudian hasil penilaian dari uji coba perorangan adalah 97% sehingga berada pada kualifikasi sangat baik, dan hasil penilaian dari uji coba kelompok kecil adalah 97% sehingga berada pada kualifikasi sangat baik. Sehingga, media audio visual dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan anak usia dini dalam berbicara di depan umum.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area ...