Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
Vol 9, No 3 (2021): Desember

Kompetensi Kepribadian dan Motivasi Mengajar Berpengaruh Terhadap Kinerja Guru PAUD

Kartika, Ni Komang (Unknown)
Ambara, Didith Pramunditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2021

Abstract

Masih rendahnya kompetensi kepribadian dan motivasi guru PAUD dalam mengajar terlihat dari guru yang masih cenderung mengedepankan pedagogik dan akademik daripada pengembangan kompetensi kepribadian dan terlihat guru yang masih sering datang terlambat serta kurangnya minat guru  dalam membuat media pembelajaran yang baru dengan rancangan pembelajaran yang lebih menarik sehingga hal ini mempengaruhi kinerja guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari kompetensi kepribadian dan motivasi mengajar terhadap kinerja guru PAUD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 103 guru dengan jumlah sampel sebanyak 82 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode non tes berupa penyebaran kusioner. Instrumen yang digunakan menggunakan jenis kuisioner tertutup. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analsis statistik inferensial dengan teknik analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian dan motivasi mengajar terhadap kinerja guru (thitung 30,620 > tTabel 3,17). Sehingga, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi kepribadian dan motivasi mengajar terhadap kinerja guru PAUD. Implikasi dari penelitian ini yaitu hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai refrensi terkait dengan hubungan antara kompetensi kepribadian dan motivasi mengajar guru PAUD terhadap kinerja guru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area ...