Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen
Vol. 11 No. 2 (2021): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen

PENGARUH BUKTI FISIK, LAYANAN, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUASAN SEBAGAI INTERVENING

Lailizakiatul Makrifah (IAIN Salatiga)
Yudha Trishananto (IAIN Salatiga)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2023

Abstract

Era modern ditandai dengan perilaku seseorang yang melakukan segala hal dengan ditujukan untuk mengikuti zaman, salah satunya dalam berbusana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bukti fisik dan layanan purna jual dikaitkan dengan religiusitas terhadap loyalitas yang dimediasi kepuasan konsumen pada perusahaan busana muslim dengan model busananya yang terkenal, Rabbani. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan data primer yang diperoleh dari metode penyebaran kuesioner kepada 96 mahasiswa IAIN Salatiga yang menjadi konsumen Brand Rabbani melalui google form dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil uji T dan path analysis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari bukti fisik terhadap kepuasan, layanan purna jual terhadap loyalitas, dan kepuasan terhadap loyalitas. Terdapat pula hasil lain yaitu positif dan tidak signifikan yaitu diperoleh dari pengaruh layanan purna jual terhadap kepuasan, religiusitas terhadap kepuasan, bukti fisik terhadap loyalitas, layanan purna jual terhadap loyalitas. Pengaruh negatif dan tidak signifikan didapatkan dari pengaruh religiusitas terhadap loyalitas. Kepuasan tidak mampu menjadi mediasi dari layanan purna jual, bukti fisik dan religiusitas terhadap loyalitas. Maka dari itu, penting untuk Rabbani agar memperhatikan kepuasan konsumen agar retensi perusahaan tetap terjaga.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ekobis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen menerima artikel ilmiah dengan ruang lingkup ekonomi bisnis dan manajemen dengan area penelitian pada: Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Produksi, Manajemen Strategi. Manajemen Keuangan Manajemen Akuntansi Sistem Informasi ...