Kemajuan teknologi informasi saat ini berperan penting terhadap pertumbuhan jumlah data yang dikumpulkan dan disimpan dalam basis data yang berukuran besar. B-MART adalah salah satu toko yang bergerak di bidang retail. Dengan jumlah data transaksi yang terkumpul cukup besar, dibutuhkanlah informasi untuk mengetahui pola kebiasaan konsumen dalam membeli barang. Salah satu metode yang digunakan untuk mengetahui pola pada data yaitu teknik analisis association rules dengan metode algoritma apriori. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini yaitu menentukan pola pembelian produk di toko B-MART dengan metode algoritma apriori. Algoritma apriori merupakan suatu prosedur untuk mencari pola antara item dalam suatu data set yang ditentukan. Tahapan-tahapan teknik analisis association rules dengan metode algoritma apriori yaitu meliputi tahap knowledge discovery in database (KDD), pembentukan frequent itemset, analisis pola frekuensi tinggi dengan parameter nilai support, pembentukan association rules dengan parameter nilai confidence dan lift ratio. Berdasarkan pembahasan dengan menggunakan batasan nilai minimum support 0,0003 (0,03%), nilai minimum confidence 0,95 (95%) dan nilai lift ratio ≥ 1, didapatkan hasil yaitu tiga aturan asosiasi pola pembelian produk di toko B-MART.  Kata Kunci: Basis Data, Association Rules, Algoritma Apriori
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021