BIMASTER
Vol 10, No 4 (2021): Bimaster : Buletin Ilmiah Matematika, Statistika dan Terapannya

PENENTUAN POLA PEMBELIAN PRODUK MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI PADA TOKO B-MART

Yogi Pratama (Universitas Tanjungpura)
Dadan Kusnandar (Universitas Tanjungpura)
Shantika Martha (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2021

Abstract

Kemajuan teknologi informasi saat ini berperan penting terhadap pertumbuhan jumlah data yang dikumpulkan dan disimpan dalam basis data yang berukuran besar. B-MART adalah salah satu toko yang bergerak di bidang retail. Dengan jumlah data transaksi yang terkumpul cukup besar, dibutuhkanlah informasi untuk mengetahui pola kebiasaan konsumen dalam membeli barang. Salah satu metode yang digunakan untuk mengetahui pola pada data yaitu teknik analisis association rules dengan metode algoritma apriori. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini yaitu menentukan pola pembelian produk di toko B-MART dengan metode algoritma apriori. Algoritma apriori merupakan suatu prosedur untuk mencari pola antara item dalam suatu data set yang ditentukan. Tahapan-tahapan teknik analisis association rules dengan metode algoritma apriori yaitu meliputi tahap knowledge discovery in database (KDD), pembentukan frequent itemset, analisis pola frekuensi tinggi dengan parameter nilai support, pembentukan association rules dengan parameter nilai confidence dan lift ratio. Berdasarkan pembahasan dengan menggunakan batasan nilai minimum support 0,0003 (0,03%), nilai minimum confidence 0,95 (95%) dan nilai lift ratio ≥ 1, didapatkan hasil yaitu tiga aturan asosiasi pola pembelian produk di toko B-MART.  Kata Kunci: Basis Data, Association Rules, Algoritma Apriori

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jbmstr

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Mathematics

Description

Bimaster adalah Jurnal Ilmiah berkala bidang Matematika, Statistika dan Terapannya yang terbit secara online dan dikelola oleh Jurusan Matematika FMIPA ...